Full width home advertisement

Photography

Profession

Kok Bisa Sih ?

Post Page Advertisement [Top]

harvesting-pekerjaan-dataran-tinggi-petani

Lulus Harus Bisa Langsung Kerja

Oke, memang jika seseorang sudah menyelesaikan pendidikan, maka dianjurkan untuk mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang dan bisa mengurangi beban keuangan. Mencari pekerjaan sebenarnya susah susah gampang.

Mencari pekerjaan memang cenderung lebih gampang untuk orang yang tinggal di daerah perkotaan, karena lapangan pekerjaan yang menjanjikan tentunya jauh lebih banyak tersedia. Namun bagaimana dengan orang yang tinggal di dataran tinggi dan dataran tinggi ?

Nah kali ini akan saya bagikan beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok di dataran tinggi.

Pekerjaan Yang Cocok di Dataran Tinggi

Gw sekolah ga terlalu pinter nih, ntar kerja apa ya yang gampang ? Kayaknya mulai wirausaha gampang nih. Tapi kalian jangan salah ya guys.

Berwirausaha bukanlah pekerjaan yang gampang. Kegagalan sering terjadi sehingga sebagian besar orang justru lebih memilih untuk menjadi karyawan. Padahal berwirausaha itu sebenarnya cukup menjanjikan jika dijalankan dengan teguh dan pantang menyerah. Selain itu, berwirausaha juga bisa disesuaikan dengan tempat tinggal kalian. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas pekerjaan ataui peluang wirausaha untuk kalian yang tinggal di kawasan dataran tinggi. Kira-kira pekerjaan apa ya yang punya prospek menjanjikan di sana? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Properti Vila dan Hotel

Dataran tinggi biasanya dikunjungi oleh masyarakat saat akhir pekan atau hari libur untuk relaksasi dan menyegarkan pikiran. Nah, kalau di daerah tempat kalian tinggal dikunjungi oleh banyak orang pada hari-hari tertentu, kenapa tidak membuka akomodasi baik dalam bentuk vila atau hotel.

Dengan membangun akomodasi yang memadai, wisatawan bisa terus datang dan akhirnya menyewa bangunan yang kalian punya. Kalau setiap hari terus ada penyewa yang datang omzet bulanan bisa meningkat dan memberikan keuntungan lebih.

Sembari menyewakan akomodasi, kalian bisa membuka bisnis lain, misal menyewakan kendaraan untuk digunakan penyewa berkeliling atau melancong di objek wisata sekitar vila.

2. Pertanian

Dataran tinggi memang identik dengan pertanian, baik itu sayur atau bunga. Kalian bisa memanfaatkan tanah dan iklim di dataran tinggi untuk menanam aneka sayur serta bunga untuk dijual ke kota. Namun, teknik yang digunakan harus berbeda.

Jangan bertani secara tradisional saja. Gunakan teknologi yang sudah ada mulai dari pengolahan tanah, pemberian pupuk, pemilihan bibit, perawatan, hingga akhirnya panen dan menghasilkan produk yang berkualitas.

Menjadi petani yang modern bukanlah pilihan yang salah. Kalian bisa menghasilkan banyak laba setiap hari dari penjualan aneka sayur biasa dan sayur organik. Kalau produk yang dihasilkan sangat baik, bukan tidak mungkin ada kontrak dengan beberapa restoran atau supermarket yang membutuhkan suplai produk segar berkualitas.

3. Kuliner dan Oleh-Oleh

Tidak bisa dipungkiri lagi jika kuliner khas daerah selalu menjadi tujuan utama dari wisatawan. Kalau Kalian hobi masak dan mampu membuat kuliner baru atau memodifikasi kuliner yang ada menjadi lebih baik, bukalah usaha kuliner baik itu berupa makanan yang dibawa pulang atau dimakan di tempat.

Beberapa wirausahawan ada yang membuka kedai atau restoran di dataran tinggi dengan konsep khusus. Dengan memanfaat media sosial, mereka melakukan promosi dengan baik sehingga banyak wisatawan datang ke sini meski hanya untuk makan dan membeli oleh-oleh.
Meski terkesan memiliki segmen yang spesifik, tetapi pekerjaan di dataran tinggi ini punya potensi yang menjanjikan.

4. Pemandu Wisata

Sebagian besar kawasan dataran tinggi di Indonesia bertransformasi menjadi kawasan wisata yang memikat. Kita ambil contoh saja kawasan Batu dan Bromo. Dataran tinggi ini selalu menyedot ribuan orang setiap harinya untuk datang dan menikmati berbagai titik wisata yang ada.

Kalau kalian ingin bekerja di kawasan dataran tinggi, kenapa tidak menjadi pemandu wisata saja. Kalau kemampuan bahasa asing cukup bagus, maka akan ada berbagai jenis turis yang bisa dipandu. Namun, kalau hanya bisa Bahasa Indonesia, kalian bisa menjadi pemandu lokal.

Biasanya setiap dataran tinggi atau daerah wisata memiliki perkumpulan pemandu wisata. Kalian bisa coba bergabung di sana sekalian mendapatkan lisensi agar kemampuan diakui dan bayaran sesuai standar.

5. Perkebunan dan Peternakan

Menjadi seorang pemilik kebun atau perkebunan adalah investasi jangka panjang kalau produk yang dihasilkan diminati pasar. Misal perkebunan kopi atau cengkeh. Sayangnya pekerjaan ini membutuhkan kesabaran yang ekstra karena untuk memanen hasil dibutuhkan waktu selama bertahun-tahun.

Setelah tanaman bisa dipanen dan menghasilkan produk secara rutin, keuntungan akan terus mengalir setiap saat. Jadi, gunakan pekerjaan ini sebagai sampingan dahulu selama beberapa tahun hingga menghasilkan banyak keuntungan.

Selanjutnya adalah peternakan hewan. Dataran tinggi memiliki iklim yang baik untuk mengembang-biakkan hewan. Kalian bisa menjadi peternak kambing, sapi potong, atau sapi perah yang setiap hari bisa menghasilkan susu untuk dijual atau dikirim ke pabrik pengolahan.


Nah itu tadi adalah beberapa Pekerjaan Yang Cocok di Dataran Tinggi untuk kalian yang ingin mencari pekerjaan namun tidak ingin terkena polusi di perkotaan.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]