Full width home advertisement

Photography

Profession

Kok Bisa Sih ?

Post Page Advertisement [Top]

nail-art-pixabay

Kuku Kalian Mudah Rusak ?

Untuk hampir semua wanita, khususnya yang masih muda, kuku merupakan aset penting yang perlu dijaga, yang pasti alasan utamanya adalah untuk kecantikan.

Mungkin banyak yang belum tahu apa pentingnya kuku selain untuk melindungi jari jari. Selain untuk alasan tersebut, kuku juga bisa digunakan sebagai indikator kesehatan kita loh.

Penyebab Kuku Rusak

Berikut adalah penyebab kuku yang mudah rusak dan pengaruhnya bagi kesehatan kalian.

1. Kurang asupan mineral dan vitamin

Permukaan kuku yang berlekuk (nail pits) dan ujung yang mudah pecah, sering ditemukan pada pasien pengidap psoriasis. Selain itu, kurangnya asupan vitamin C, vitamin B kompleks, asam folat, dan kalsium adalah penyebab umum dari kuku kusam dan kering, serta mudah patah.

2. Kuku kering atau rapuh

Kuku yang rapuh atau mudah retak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jari jari yang terlalu sering terkena air, seperti pada saat kita mencuci piring, bisa juga disebabkan pembersih cat kuku untuk para perempuan, dan bisa juga disebabkan kekurangan vitamin A atau C.

3. Terdapat gelembung vertikal pada kuku

Seperti tanda - tanda normal terjadinya penuaan, seperti rambut yang mulai memutih dan muncul kerutan pada kulit, penuaan juga bisa terjadi pada kuku kita, dan tidak ada yang perlu kita khawatirkan. Kalian bisa coba melakukan perawatan kuku untuk mempertahankan permukaan kuku agar tetap terasa halus.

4. Terdapat gelembung horizontal pada kuku

Kondisi ini memang tidak banyak dialami oleh kebanyakan orang seperti gelembung vertikal di kuku. Namun jika kuku kalian mengalami kondisi seperti ini, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Kenapa ? karena hal ini bisa menjadi pertanda adanya penyakit pada hati, diabetes, atau infeksi.

5. Bintik-bintik putih kecil

Memang ada banyak pernyataan yang mengatakan bahwa kondisi ini bis aterjadi karena tubuh kita kekurangan kalsium. Namun hal ini juga menjadi tanda adanya trauma ringan yang terjadi pada kuku kita, seperti terpentok pada sesuatu yang keras, namun hal ini sama sekali tidak berbahaya pada kesehatan tubuh kita.

6. Kuku Kuning

Semua hal seperti usia, merokok, dan sering menggunakan cat kuku dapat berkontribusi untuk membuat kuku menjadi kuning dan tidak sedap dipandang.

Lalu bagaimana dengan jamur kuku ?

Penyebab penyakit pada kuku yang satu ini adalah jamur dermatofit atau biasa disebut jamur kuku. Jamur kuku cenderung menyerang kuku pada jari kaki, namun sedikit menyerang kuku pada jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, yaitu gelap, hangat, dan lembap

Nah itu tadi adalah penyebab kenapa kuku bisa mudah rusak, untuk tips lainnya tentang merawat kuku secara alami, kalian bisa baca artikel ini.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]